Selasa, 28 Juli 2020

Hamil dengan Kista Ovarium?

Hi pembaca setiaku, terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku.


Kali ini aku mau sharing mengenai kehamilanku yang termasuk kehamilan beresiko, kenapa beresiko? hal ini dikarenakan aku mengidap kista ovarium yang cukup besar.
Pertama kali didiagnosa terkena kista ovarium adalah disaat memasuki usia kehamilan ke-9 minggu, saat USG pertama kali dokter kandungan menginfokan bahwa dalam rahimku ada kista sebesar 4,79 cm dan panjang janin hanya 2,3cm. Wow kista nya 2x lebih besar dr janinku. Hiks....

Hasil USG dan Kista terlihat jelas

Sedih banget rasanya, dokter pun menenangkan aku dengan menginfokan bahwa kista nya akan diobeservasi lebih lanjut, jika dalam beberapa minggu ke depan kista nya makin membesar dan berdesakan dengan janin ku, maka akan dilakukan tindakan operasi untuk pengangkatan kista nya. Lantas bagaimana dengan Janinku? Dokter bilang jika hal itu terjadi maka akan dilakukan saat usia kandungan memasuki usia ke 16-18 minggu, dan tidak bisa dipastikan 100% janin ku akan selamat.

Sebagai calon ibu yang hamil untuk pertama kali, kenyataan ini mungkin tidak mudah, kalut sedih itu yang aku rasakan. Tapi suamiku berusaha tegar dan selalu menyemangatiku untuk bangkit dan selalu berfikir positif bahwa aku dan janinku akan baik-baik saja.
Aku pun bangkit dan percaya bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan umatNya, aku mengucap syukur bahwa Tuhan memberikan aku berkat seorang Janin yang sedang aku kandung, Aku percaya bahwa Janin ini kuat dan mampu melawan Kista nya. Berdoa setiap saat.
Sampai pada akhirnya, ketika USG berikutnya, setelah dicek, kista nya mengecil dan Janin ku bertumbuh dengan sangat sehat. Puji Tuhan.

Setelah diobeservasi di minggu ke-16 ternyata Kista ovarium atau kista endometriosis yang aku alami disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan atau sering disebut dengan kista fungsional, kista fungsional tergolong jinak dan akan hilang dengan sendirinya seiring dengan usia kehamilan yang makin membesar.

Saat ini aku sudah memasuki kehamilan di 36 weeks, Janinku sehat sempurna, doakan ya sampai waktu persalinannya tiba, ibu dan bayi dalam keadaan sehat, amin...

Jadi bagi kalian yang masih belum diberikan kepercayaan untuk hamil ataupun sudah hamil tapi dengan berbagai penyulit, intinya sabar dan selalu berdoa, Tuhan pasti akan memberikan jawaban dan masa depan yang indah bagi Umatnya Tepat pada waktuNya.
Dan sebagai manusia kita harus berserah, pasrah, percaya dan tak henti2nya bersyukur.
Berusaha pun perlu, seperti tetap menjaga pola hidup dan pola makan sehat ya..

2 komentar:

Noeeno3 mengatakan...

Mba klo boleh tau.. Apakah selama hamil dengan kista ovarium pernah pengalami flek?

Salam kenal euis dr riau.. 🙏 smg menjawab.. Karena sy sedang khawatir, dgn kondisi yg sama tetapi sy keluar flek coklat sdh 3 hari..

Prita Puspa mengatakan...

hi kak, maaf br reply, selama hamil sy tdk ada muncul flek kak