Selasa, 10 Juli 2018

Travelling: Wonosobo Dieng Trip

Hay semuanyaa..
Good afternoon ^^-

Kali ini aku mau cerita/share pengalaman dari perjalanan/trip ke Wonosobo Dieng.
Wonosobo adalah kampung temanku, dan berhubung aku orang asli Jakarta yang tidak pernah merasakan mudik/pulang kampung, akhirnya aku minta diajak ke kampungnya :)

Untuk Trip ke wonosobo, aku pergi berlima dengan teman-teman kantor, Transportasi yang kami gunakan adalah jalur darat yaitu Bus. Kami pesan tiket bus, untuk keberangkatan dari terminal Pulogadung- Wonosobo.
Harga tiket nya Rp. 90.000,- untuk tiket kelas eksekutif, dan Rp.50.000,- untuk kelas ekonomi. Kami naik bus Sinar Jaya kelas eksekutif.
Lama perjalanan dari Jakarta ke Wonosobo kurang lebih 8 jam (jika macet bisa lebih dari itu).
dan itu pertama kali aku merasakan berpergian dengan bus dengan waktu yang cukup lama, rasanya agak memboasankan karena pemandangannya hanya jalan tol yang lurus seakan tidak ada ujungnya #lebay
Kami berangkat dari Jakrarta jam 7 pagi dan tiba di wonosobo sekitar jam 3 sore.
owh ya, selama di wonosobo aku menginap dirumah nya temen ku,
  • Hari pertama kami hanya istirahat saja, dan mempersiapkan fisik untuk tracking naik ke Bukit sikunir keesokan hari nya.
  • Hari kedua, rencana kami ingin ke bukit sikunir, melihat sunrise. dan kami pergi pagi dini hari sekitar jam 01.00wib, Tracking ke puncak bukit sikunir tidak terlalu terjal, jadi sangat cocok bagi kalian yang ingin tracking tapi dengan track yang tidak sulit. Bukit Sikunir berada di Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut.
         Suhu diatas bukit sikunir saat itu mencapai 10 derajat celcius.
berpose di Kawasan Bukit Sikunir Dieng

Pagi hari diatas bukit sikunir
berikut pemandangan Sunrise nya..
 Golden Sunrise @Sikunir
Pose sebelum naik ke puncak sikunir

Setelah jam 7 pagi, kami pun turun dari puncak sikunir, lalu kami melanjutkan perjalanan ke kawasan wisata di Dieng, yaitu, Telaga Warna & Kawah Sikidang.
Lokasi ke-2 wisata tersebut tidak jauh dari Puncak Sikunir, jadi Searah/Sejalur ke arah pulang, jadinya kami sekalian mampir deh..
Berikut sedikit foto2 nya:

Kompleks Candi Arjuna Dieng
 Candi Arjuna Dieng
  • Hari ketiga kami mengunjungi WadukWadaslintang & Kulineran dan cari Oleh-oleh
          Waduk wadaslintang merupakan salah satu waduk terbesar di Wonosobo. Dan merupakan salah satu sumber mata air untuk daerah sekitarnya. Dibangun pada tahun 1982, dan danau ini memiliki ketinggian 125 meter. selain itu, waduk ini pun sebagai salah satu Sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Waduk_Wadaslintang )

Pulang dari waduk, perut kami pun terasa lapar. tak lengkap rasanya jika jalan-jalan tapi tidak cari makanan/kulineran khas daerah tersebut.
Dan yang seperi kita ketahui, Wonosobo terkenal dengan kuliner nya yang belum atau jarang sekali dapat ditemukan di jakarta, yaitu MIE ONGKLOK. kenapa disebut ongklok ya? hehe..
rasa Mie Ongklok ini memiliki kuah kental, dan cenderung berasa manis.
Selain Mie Ongklok, ada juga Nasi Megono, Nasi dengan campuran kelapa dan cacahan nangka muda dan biasa disajikan dengan gorengan yaitu tempe kemul.
Nasi Megono
Tempe kemul (sumber: www.google.com)
 mie ayam ceker
 Mie Ongklok dan tempe kemul
 Mie Ongklok dengan Sate Ayam
 Mie Ongklok Longkrang

Jangan Lupa beli oleh2 nya ya...

Hari keempat, kami pun bersiap-siap pulang ke Jakarta, Naik bus dari terminal Sawangan ke Terminal Kampung Rambutan..